5 Mahluk Mitologi Tiongkok

Mitologi Tiongkok adalah kumpulan sejarah, cerita rakyat, ritual, fabel dan kepercayaan yang diturunkan secara turun-temurun dalam tradisi orang Tiongkok. Mitologi ini kemudian berkembang menjadi Kepercayaan tradisional Tionghoa setelah mendapat pengaruh Taoisme, Agama Buddha dan ajaran Konfusius.Seperti halnya Mitologi Yunani atau Mitologi Nordik yang kaya akan mitos, sebagian orang percaya isi mitologi Tiongkok adalah catatan sejarah yang nyata karena memiliki mitos dan legenda pembentukkan tradisi atau sejarah Tiongkok.

5. Qilin

Qilin (Tionghoa: 麒麟; Pinyin: qílín; Wade–Giles: ch'ilin), juga dieja Kylin, atau Kirin (bahasa Jepang dan Korea) adalah mahkluk mitologis yang terdapat dalam legenda-legenda di berbagai negara di Asia Timur (Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, dll.) dan dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak. Qilin adalah sebuah pertanda baik yang menghadirkan rui (Tionghoa: ; Pinyin: ruì; yang lebih kurang dapat diterjemahkan sebagai "ketenangan" atau "kemakmuran"). Ia seringkali digambarkan dengan api yang menutupi seluruh tubuhnya. Di Tiongkok dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana. Qilin adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir. Qilin berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak.

4. Xiezhi

Xiezhi (獬豸) adalah binatang dalam mitologi Cina dan Korea yang dijuluki Anjing Pemakan Api. Xiezhi yang memakan api dijadikan sebagai lambang pelindung dari api dan kebakaran. Di Korea, patung dan gambar xiezhi banyak terdapat di bangunan-bangunan kuno berarsitektur kayu. Di Korea, hewan ini disebut haetae (해태).
Xiezhi adalah hewan yang dapat membedakan mana benar atau salah, baik atau jahat. Selain itu, xiezhi juga memiliki tanduk. Apabila ia melihat pertengkaran atau perselisihan, tanduknya akan ia arahkan ke pihak yang berbuat salah. Ia selalu jujur bahkan jika pihak yang bersalah adalah kaisar.

3. Nian

Nian (Hanzi tradisional: 年獸; bahasa Tionghoa: 年兽; Pinyin: nián shòu) adalah sejenis mahluk buas yang hidup di dasar laut atau di gunung. Sekali pada saat musim semi, atau sekitar tahun baru Imlek, ia keluar dari persembunyiannya untuk mengganggu manusia, terutama anak-anak. Nian tidak menyukai bunyi-bunyian ribut dan warna merah.

2. Taotie

Tao Tie (饕餮) adalah mahluk misterius dalam mitologi China kuno. Dikatakan bahwa mahluk ini sangat serakah dan akan memakan apa saja yang dilihatnya, bahkan dirinya sendiri. Maka, gambar dari mahluk ini hanya berupa kepala dan mulut yang besar tanpa tubuh. Mahluk ini mati karena kebanyakan makan. Akhirnya mahluk ini menjadi symbol keserakahan dan digunakan untuk mendeskripsikan orang yang terlau serakah. Simbol ini dapat ditemukan pada keramik peninggalan China yang berasal dari Dinasti Shang dan Zhou.

1. Liong/Naga

Liong/Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik.


Masukan Email Untuk Updates Dari Blog Ini :

0 Komentar Untuk "5 Mahluk Mitologi Tiongkok"

Post a Comment